Dinas PUPR Mulai Melakukan Pengukuran Lahan Pembangunan Masjid Agung Muna Barat

tim survey

Dinas PUPR Muna Barat terus bergerak cepat mendukung program pembangunan Masjid Agung Muna Barat yang telah dicanangkan oleh Pj Bupati Muna Barat. Hari ini Jum’at, 1 Juli 2022 Tim PUPR telah menurunkan tim surveynya dan alat ukur elevasi. Dibawah komando langsung Kadis PUPR La Ode Butolo, tim survey tadi telah mengambil data elevasi untuk keperluan penimbunan areal pembangunan masjid dan normalisasi sungai pada kawasan tersebut. “Kondisi topografi tanah yang cukup cekung dan ada beda tinggi antara 1 – 2 meter dengan permukaan jalan nasional serta adanya saluran eksisting pada areal pembangunan merupakan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan konstruksi. Namun kami yakin pihak konsultan dibawah supervisi kami dapat menentukan perlakuan yang tepat sehingga tahapan konstruksi Masjid Agung nantinya tidak terganggu.

Kami sudah mencermati salah satu prioritas utama adalah bagaimana mengamankan daerah tersebut dari luapan air sehingga salah satu skenario yang mesti dilakukan adalah kanalisasi dan perkuatan tebing kanal sehingga air tidak mengancam bangunan itu nantinya. InsyaAllah melalui skenario pembangunan yang tepat maka pembangunan Masjid itu nantinya tak akan mendapat kendala berarti.

Hasil survey itu akan menjadi bahan laporan Kepala Dinas PUPR kepada Pj Bupati Muna Barat sebagai bahan pengambilan kebijakan selanjutnya. Tim PU PR insyaAllah sigap mendukung kebijakan pembangunan yang telah direncanakan oleh Pj Bupati Muna Barat. Apalagi Masjid Agung Muna Barat nantinya akan menjadi bangunan yang iconik karena tema arsitekturalnya mengusung kearifan lokal masyatakat Muna Barat. Masjid ini akan menjadi salah satu bangunan religi yang khas dan dapat menjadi magnet umat untuk beribadah dan berwisata religi.

Penulis: Surachman

Bagikan :

Related Posts

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna Barat  dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati (PERBUP) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna Barat.

Google Maps

CONTACT INFO

Alamat : Jln. Poros Lagadi – Tondasi, Kel. Tiworo Kabupaten Muna Barat – Sulawesi Tenggara | Kode Pos: 93635

Email : pupr@munabarat.go.id

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna Barat

Copyright © 2022. Developed by : KD