Survey Genangan Air Pada Kawasan Bumi Praja Laworoku Dinas PUPR Turunkan Tim

691d55c0-f9b2-4357-bc99-d0bf6fc811fd

 

Kawasan Bumi Praja Laworoku yang merupakan areal pembangunan gedung negara berupa Kantor Bupati, Kantor DPRD dan sarana penunjang pemerintahan lainnya adalah kawasan yang rentan terhadap genangan air karena kawasan tersebut secara topografi landai dan cekung serta dilintasi oleh aliran air dari Bendung Marobea. Kondisi ini lah yang melatar belakangi Tim PUPR Muna Barat untuk melihat kondisi faktual di lapangan sesaat setelah hujan deras terjadi pada Rabu 29 Juni 2022 yang lalu.

Tim PUPR menemukan fakta lapangan bahwa kanal yang telah dibangun tidak cukup lagi menampung volume air yang diarahkan pada sungai tiworo akibat debit air yang sangat besar dan adanya longsoran pada beberapa titik pematang kanal mengakibatkan air melimpas dan masuk pada kawasan perumahan dan pertanian masyarakat.

Berdasarkan fakta lapangan di atas, Tim PUPR telah merumuskan beberapa langkah teknis yang harus dilakukan diantaranya yaitu pembangunan kanal yang menerus dari Bendung Marobea yang saat ini melintasi kawasan Bumi Praja Laworoku, Pembangunan tanggul kanal yang telah ada, Pelebaran outlet yang melintasi jalan nasional lagadi tondasi khususnya di sekitar Lakalamba dan Wandoke, serta pembangunan kolam retensi (bozem) pada beberapa titik di dalam kawasan Bumi Praja Laworoku. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengendalikan air sehingga tidak berpotensi destruktif pada kawasan tersebut. Apalagi pada kawasan itu nantinya akan ada objek fital milik daerah.

Penulis: Surachman

Bagikan :

Related Posts

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna Barat  dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati (PERBUP) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna Barat.

Google Maps

CONTACT INFO

Alamat : Jln. Poros Lagadi – Tondasi, Kel. Tiworo Kabupaten Muna Barat – Sulawesi Tenggara | Kode Pos: 93635

Email : pupr@munabarat.go.id

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna Barat

Copyright © 2022. Developed by : KD